Photo For Love , Photo For Fun , Photo For Live , Photo For Light ..

Sabtu, 22 Oktober 2011

Teknik - Metering

Kamera-kamera digital saat ini memiliki beberapa macam mode metering. Namun ternyata banyak yang memahami, apa efek dari yang dihasilkan dari perbedaan mode metering tersebut. Atau bahkan lebih parah lagi, belum mengetahui apa fungsi dan arti dari metering.


Metering adalah fungsi yang dimiliki kamera digital untuk menentukan exposure setting berdasarkan intensitas cahaya yang sampai ke sensor. Pada dasarnya ada 3 hal yang mempengaruhi dalam penentuan exposure setting, yaitu :


1. Shutter Speed
2. Aperture/ Diafragma / Bukaan
3. ISO / ASA


Dan berikut adalah beberapa mode exposure setting yang terdapat pada kamera :
1. Mode AUTO : Semua setting ditentukan kamera
2. Mode Program ( P ) : ISO ditentukan fotografer, kamera menghitung speed dan  menentukan   aperture nya
3. Mode Speed Priority ( S atau TV ) : ISO dan Speed ditentukan fotografer, kamera menentukan  lebar ruang tajamnya atau aperture
4. Mode Aperture Priority ( A / AV ) : ISO dan bukaan ditentukan fotografer, kamera menentukan shutter speed
5. Mode Manual ( M ) : Semua setting ditentukan fotografer, meterinh kamera hanya memberikan notifikasi saja namun tidak mengubah setting apapun pada kamera tersebut.


Pemilihan mode metering mempengaruhi hasil setting yang dilakukan oleh kamera. pada kondisi pemotretan dengan cahaya yang merata dan obyek yang full colour. pemilihan mode metering tidak memberikan perbedaan hasil yang signifikan. Akan tetapi pada obyek yang kontras, pemilihan mode yang tepat akan memberikan hasil yang berbeda, paling tidak ada 3 mode metering yang umum ditemui.


1. Multi Segment : Pada mode ini kamera melakukan exposure setting berdasarkan intensitas cahaya rata-rata dari seluruh bagian frame ( 95 - 100% )
2. Centre Weigthed : Pada mode ini, kamera melakukan exposure setting berdasarkan intensitas cahaya yang datang dari sebagian frame ( 50 - 75 % are frame )
3. Spot : Pada mode ini, kamera hanya memperhitungkan intensitas cahaya datangnya dari bagian tengah frame ( 5 - 15% area frame.




Untuk jelasnya, berikut ini adalah gambaran area yang diperhitungkan dalam metering.
  1. Kotak merah adalah batas area yang diperhatikan dalam mode multi segment ' matrix / average
  2. Kotak biru adalah batas area yang diperhitungkan dalam mode Centre Weighted
  3. Kotak jingga (oranye) di tengah adalah batas area yang diperhitungkan dalam mode Spot

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar